in

3 Tanda Anda Terjebak di Karir yang Salah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja yang rendah berada di usia 20-an dan 30-an. Hal tersebut tentunya  cenderung berdampak negatif pada kesehatan mental Anda di usia 40-an dan seterusnya.

Dilansir dari CNBC Internasional, Pelatih kesehatan bersertifikat dan co-founder Health Coach Institute, Stacey Morgenstern mengatakan kepuasan bekerja penting untuk kualitas hidup dan kesehatan karyawan.
Menurut dia, inilah tanda  bahwa Anda berada di karir yang salah.

 

Merasa kurang dibayar, terlalu banyak bekerja dan kurang dihargai

Morgenstern mengatakan salah satu bendera merah teratas berada di jalur karir yang salah adalah Anda terus-menerus merasa terkuras, terlalu banyak bekerja dan kurang diberi upah. Dia mengatakan bahwa karir yang paling menyenangkan adalah yang tidak membuat Anda takut untuk masuk kantor.

“Jika Anda bersyukur ketika Jumat datang, dan tidak ingin Minggu cepat berakhir. Sudah pasti pekerjaan itu bukan buat anda,” katanya.

Terlepas dari apakah Anda baru memulai atau lebih dari 10 tahun menjalani profesi Anda, ia mengatakan bahwa tidak pernah terlambat untuk berubah.

Mantan Chief Talent Officer Netflix, Patty McCord setuju dan mengatakan bahwa salah satu langkah pertama untuk keluar dari karir yang salah adalah berbicara dengan apa yang Anda pikir dan sukai.

“Jika Anda berpikir rumput lebih hijau di tempat lain, pergilah mengunyah rumput itu di sisi lain pada pagarnya. Carilah pekerjaan yang Anda sukai maka ini akan nembuat kamu puas. Jadi, lakukanlah,” katanya kepada Harvard Business Review.

Merasa Tak Mendapat Tantangan Berarti 

Jika Anda merasa tidak bersemangat, bosan, atau terjebak dalam rutinitas biasa dalam hal yang sama berulang kali, maka kemungkinan inilah saatnya untuk perubahan karir.

“Saya pikir pemenuhan datang ketika kita merasa seperti belajar dan melatih kreativitas kita dan upaya kita membuat dampak yang berarti. Jika Anda telah mencapai jalan buntu dan tidak ada ruang lagi bagi Anda untuk tumbuh maka mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan langkah Anda berikutnya,” kata Morgenstern.

Jika Anda tidak yakin apa langkah selanjutnya, Morgenstern mengatakan berpikirlah tentang hal-hal yang sering membawa sukacita Anda di waktu luang Anda. Pikirkan apa yang membuat Anda nyaman dan orang lain senang dengan kerja Anda.

Anda merasa terpanggil untuk sesuatu yang berbeda

Berada dalam karir yang salah tidak selalu berarti bahwa Anda bosan dengan pekerjaan itu dan selalu buruk dalam hal itu. Terkadang, itu berarti Anda benar-benar baik dalam pekerjaan Anda meski Anda tahu bahwa Anda tidak terpanggil untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan diri Anda.

“Dua hal terjadi ketika berada di tahap ini. Menunda panggilan atau jawab panggilan tersebut,” kata Morgenstern.

Menunda kerap terjadi karena didorong oleh ketakutan dan ketidakpastian. “Ketakutan itu valid dan cara Anda melepaskan diri adalah menuliskan semua ketakutan yang Anda miliki. Kemudian mulailah melihat kemungkinannya. Apa lagi yang mungkin terjadi dengan apa yang bisa terjadi?,” kata dia.

Daripada memikirkan aspek negatif, Morgenstern mengatakan Anda harus mulai memikirkan aspek-aspek positif seperti lebih banyak uang, lebih banyak waktu istirahat, pemenuhan yang lebih baik, dan keseimbangan yang lebih baik.

“Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan lima tahun. Jika hidup atau karir Anda berlanjut pada lintasan saat ini dan Anda berada di tempat yang sama dalam lima tahun, apakah Anda baik-baik saja dengan tujuan Anda? Apakah itu menginspirasi Anda atau mengisi Anda dengan penyesalan?,” ucapnya.

Jika itu membuat Anda menyesal, maka buatlah perubahan dari sekarang. Sebab ini sangat penting tidak hanya untuk kebahagiaan Anda, tetapi juga untuk kesehatan Anda.

 

Sumber: CNBC
Keterangan gambar: Entrepreneur.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *