in

5 Tips Biar Kuliah Sambil Kerja Bisa Sama-sama Lancar

Saat ini sudah sering sekali kita temukan mahasiswa yang bekerja. Kamu mungkin salah satunya. Tidak jarang beberapa keluhan terdengar karena aktivitas ini. Ternyata, ada lho cara mudah menjalankan aktivitas ini agar keduanya bisa menguntungkan. Yang paling penting, dua-duanya bisa berjalan beriringan.

Sebagian dari kamu yang menjalankan aktivitas kuliah sambi bekerja tentu memiliki alasan tersendiri. Alasan terbesarnya adalah karena tuntutan dan tujuan hidup hingga kamu mesti bertahan dan menjalankannya.

Berikut tips kuliah sambil kerja biar keduanya bisa berjalan lancar:

1. Cari pekerjaan yang fleksibel

Selain harus bisa mengatur waktu, hal lain yang harus kamu lakukan adalah mencari pekerjaan yang fleksibel. Pekerjaan yang fleksibel maksudnya adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Sehingga bisa kamu bisa menyesuaikan jadwal kerjamu dengan jadwal kuliahmu.

2. Belajar mengatur waktu

Hal ini adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan. Kuliah sambil bekerja, berarti kamu dituntut untuk bisa membagi waktumu untuk kuliah dan untuk bekerja. Dua-duanya sama pentingnya, jadi kamu harus pandai mengatur supaya jadwal kuliahmu tidak bentrok dengan jam kerjamu.

3. Tetap jaga performa di kantor

Menjaga performa di kantor merupakan kewajiban ketika kamu melakukan aktifitas bekerja dan kuliah secara berbarengan. Bukan hanya nilai kamu yang tidak boleh bermasalah, performa di kantor juga tidak boleh bermasalah.

Selesaikan pekerjaan secara tepat waktu, kalau bisa tidak usah terlalu sering lembur karena itu melambangkan ketidakefektifan kamu dalam bekerja. Selain itu, kalau performa kamu merosot kamu berpotensi kehilangan pekerjaan yang mana merupakan salah satu hal yang paling kamu hindari saat ini bukan?

4. Pastikan pihak kantor tahu kalau kamu kuliah

Ketika kamu bekerja sambil kuliah pastikan pihak kantor mengetahui hal tersebut. Buatlah semuanya secara transparan. Mengapa harus demikian? Karena apabila ada urusan di kampus yang penting seperti UTS, UAS, atau bahkan sidang skripsi sekalipun kamu akan mendapatkan dispensasi dari kantor.

Tidak perlu untuk bolos dan mengurangi gaji kamu karena sejak awal kamu telah memiliki berbagai kesepakatan terlebih dahulu.

 5. Terapkan skala prioritas

Hal yang pertama perlu kamu lakukan adalah menerapkan skala prioritas. Apakah kamu mengedepankan pekerjaan terlebih dahulu atau kuliah? Semua memiliki kondisi berbeda sehingga prioritas berbeda.

Namun, biasanya untuk kamu yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga kamu mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau Sabtu Minggu.

Sementara untuk kamu yang kuliah dengan jam reguler apalagi di universitas negeri, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya menyesuaikan dengan jadwal kuliahmu agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

Bagikan
Loading...