in

Ada Mitos di Balik Ular-ular yang Ditangkap Warga Kampung Ini

Dalam enam bulan terakhir, warga Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Pungging, Mojokerto menangkap 8 ekor ular sanca kembang. Ternyata ada mitos yang menyertai ditemukannya ular-ular ini.

Dijelaskan Kepala Dusun Unengan, Sudarsono, warga meyakini ular-ular tersebut berasal dari sebuah gua yang diberi nama Gua Unengan oleh warga setempat.

Gua alami ini berjarak sekitar 100 meter dari makam Nyai Pandansari yang tak lain tokoh yang membuka Dusun Unengan. Konon gua tersebut dulunya pernah dijadikan tempat pertapaan.

“Sarang ularnya sebagian di sekitar gua, sebagian lagi di dalam gua. Kurang tahu jumlahnya. Kata warga tempatnya angker,” ungkapnya saat berbincang dengan detikcom, Jumat (13/7/2018).

NYIMAK YANG INI JUGA :  Pernah Jadi Napi Korupsi, M Taufik Resmi Daftar Caleg

Bahkan, lanjut Sudardono, ada kisah mistis yang menyertai gua tersebut. Kebetulan pengalaman mengerikan itu dirasakan warga desa tetangga bernama Kojin, tepatnya sekitar sepekan sebelum warga Unengan menangkap ular sanca sepanjang 3 meter.

Saat itu, warga Desa Randuharjo, Pungging tersebut sedang menebang bambu tak jauh dari Gua Unengan. Tiba-tiba Kojin dikejutkan oleh sesosok ular raksasa di kebun bambu tersebut. Saking kagetnya, Kojin terjatuh dari pohon bambu.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Pejabat CIA: China dan AS Sedang Terlibat Perang Dingin

“Kata yang bersangkutan, ularnya warna hitam, besarnya seukuran manusia (diameter sekitar 50 cm). Sekarang orangnya tak berani kembali ke kebun itu saking takutnya,” kata Sudarsono.

Sudarsono pun meyakini reptil raksasa yang dilihat Kojin merupakan ular gaib yang menghuni Gua Unengan.

“Di Gua Unengan memang katanya ada ular gaib namanya ular Bumen, ular penunggu dusun ini,” ujarnya.

Sudarsono menambahkan, kejadian serupa juga pernah dialami seorang pekerja proyek pintu air di antara Sungai Rungkut dengan saluran irigasi Unengan. Ular raksasa itu sedang minum di dam tersebut. Menurut saksi mata tersebut, saking panjangnya, ekor ular itu tak terlihat.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Selama 2,5 Jam, Operasi Densus 88 di Sleman Sita Perhatian Warga

“Ular Bumen ini menampakkan diri ke pendatang (bukan warga Dusun Unengan, red) yang tidak permisi,” terangnya.

Selain menjadi tempat ular gaib, kata Sudarsono, warga mempercayai Goa Unengan juga menjadi sarang ular sanca sungguhan. Ular-ular inilah yang diduga mendekat ke pemukiman penduduk untuk memangsa ternak, mulai dari ayam, bebek, hingga kambing.

 

Sumber: Detik

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Komentar

komentar