in ,

Gerhana Bulan Total Terlama 2018 Masuk Puncaknya

Gerhana bulan total terlama abad ini sudah masuk fase puncak. Fenomena fase puncak gerhana bulan total adalah fase ketika matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Bulan pun berwarna merah gelap.

Pantauan detikcom di roof top lantai 13 Gedung A Kantor BMKG, Jalan Angkasa 1, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018), bulan sudah masuk fase puncak pada pukul 03.22 WIB.

“Di mana antara matahari, bumi, dan bulan satu garis lurus,” kata pengamat Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Syiroj Judin, di lokasi.

Fase puncak adalah saat matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Fase ini diperkirakan akan bertahan sampai pukul 04.13 WIB.

“Ya, masih merah tapi mau kebuka. Pinggirnya mau kebuka,” tambah pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG, Iswanudin, dilokasi.

Fase puncak ini diperkirakan akan bertahan sampai pukul 04.13 WIB. Selepas pukul 04.13, fase total berakhir akan dimulai. Fase total berakhir adalah fase ketika bulan akan terlepas dari bayangan umbra.

Keterangan Gambar Utama: Foto: dok. BBC Magazine
Sumber Artikel: detiknews

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar