in ,

Happy Birthday Google Chrome!

Chrome baru saja berulang tahun yang ke-10. Dan kini, browser jagoan Google itu sudah mendominasi market share browser di dunia.

Google merilis Chrome sebagai sebuah percobaan baru pada browser, dan mereka membuat sebuah komik untuk menandai peluncuran Chrome 10 tahun yang lalu.

“Kenapa kami meluncurkan Google Chrome? Karena kami percaya kami bisa menambahkan nilai bagi pengguna, dan pada waktu yang sama, menggeber inovasi pada web,” tulis Google ketika pertama merilis Chrome.

Chrome awalnya hanya diluncurkan untuk Windows, itu pun masih beta, dan kemudian tersedia di Linux serta macOS, tepatnya pada 2009, atau sekitar setahun setelah pertama diluncurkan.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Jack Ma Ingin Jadi Guru di Indonesia? Jack Ma Bercanda?

Google meluncurkan Chrome ketika pengguna internet sudah frustrasi dengan Internet Explorer, dan Firefox tengah merangsek naik dan membangun basis penggunanya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (3/9/2018).

Chrome sendiri dibangun menggunakan mesin rendering WebKit bikinan Apple serta Firefox buatan Mozilla, lalu mereka pun membuka source code Chrome di proyek Chromium. Bagian penting pada Chrome versi awal adalah ‘sandboxing’ atau memisahkan satu tab dengan tab lainnya.

Alhasil ketika ada satu tab yang crash, tab lainnya tetap aman dan tak perlu ditutup. Hal inilah yang kemudian membantu stabilitas serta kecepatan Chrome secara keseluruhan, juga dibantu oleh mesin JavaScript V8 milik Google, yang terus menerus diperbaiki agar performanya lebih baik.

NYIMAK YANG INI JUGA :  2019 Politik Makin Panas, Banyak Godaan dan Ujian

Kini, setelah berumur satu dekade, Chrome sudah mendominasi pasar browser PC, dengan market share lebih dari 60% di desktop. Chrome pun kini sudah tersedia di hampir semua platform, Windows, macOS, Linux, Android, dan bahkan iOS.

Tak sekadar browser, Chrome juga kini sudah menjelma menjadi sistem operasi sendiri, yaitu Chrome OS, yang merupakan OS ringan bikinan Google untuk laptop dan tablet. Meski belum sepenuhnya siap untuk tablet, Google terus membawa makin banyak aplikasi Android ke dalam Chrome OS, yang membuat penggunaannya di tablet lebih banyak.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Video Hoax Rusuh di MK Berujung Penahanan

Ke depannya, Chrome tentu tak akan menjadi sekadar browser. Dalam satu dekade saja Chrome bisa berubah dari sekadar browser menjadi sebuah platform. Bayangkan apalagi yang akan dirambah oleh Chrome dalam 10 tahun ke depan.

Sumber: Detik

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar