in

Hobi Pelihara Kucing? Ini Lho Manfaatnya bagi Kesehatan

Di antara banyak jenis hewan, yang paling sering dijadikan peliharaan adalah anjing, kucing, ikan, dan burung. Katanya, memelihara hewan itu ribet karena bisa mendatangkan dampak buruk bagi manusia. Apalagi kucing yang merupakan hewan berbulu. Banyak orang beranggapan bahwa bulu kucing buruk bagi kesehatan, sehingga mereka pikir-pikir lagi untuk memelihara kucing di rumah.

Tapi jangan salah, memelihara kucing justru punya mannfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Apa sajakah manfaat baik dari memelihara hewan lucu yang satu ini?

1. Memiliki Teman Bicara

Memiliki peliharaan kucing juga dapat menjadi teman bicara kamu. Jika kamu tidak percaya, maka suatu saat nanti kamu akan dapat mempercayainya. Ketika kamu memerlukan pendengar yang baik untuk mendengar keluh-kesah atau apapun yang ingin kamu bicarakan, maka si kucing dapat melakukannya untuk dirimu. Kucing peliharaanmu akan mendengar dalam posisi duduk atau berbaring selama kamu berbicara.

NYIMAK YANG INI JUGA :  5 Tipe Kecedarsan yang Dimiliki Manusia, Kamu yang mana?

2. Membuat pemiliknya lebih disiplin

Kucing adalah hewan yang mudah merasa lapar dan menyukai tempat bersih. Dengan memelihara kucing, lama kelamaan kita akan terbiasa memberinya makan tepat waktu dan membersihkan kotak kotorannya. Kucing akan segera merasa tidak nyaman dengan kandang atau kotak kotorannya yang kotor. Ia akan terus mendekati kita dan bertingkah seakan minta tolong untuk dibersihkan kandangnya.

Kucing juga sangat peka terhadap suara dan getaran. Maka bagi pemilik kucing yang membiarkannya berada di dalam rumah seharian, ia bisa menjadi alarm bangun tidur bagi tuannya. Karena hanya dengan mendengar dering ponsel atau suara ayam berkokok, kucing akan segera bangun dan beraktivitas kembali.

NYIMAK YANG INI JUGA :  5 Tipe Kecedarsan yang Dimiliki Manusia, Kamu yang mana?

3. Menurunkan kadar stres dan tekanan darah

Dilansir dari Health Fitness, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota’s Stroke Institute Minneapolis melaporkan bahwa memelihara kucing dapat meredam potensi kenaikan tekanan darah sampai 30-40%. Interaksi antara pemilik dengan kucingnya menimbulkan rasa tenang dan bahagia, sehingga kadar stres dapat diredam. Dengan terjaganya tekanan darah dan kadar stres, si pemilik akan jauh dari potensi penyakit jantung dan stroke.

NYIMAK YANG INI JUGA :  5 Tipe Kecedarsan yang Dimiliki Manusia, Kamu yang mana?

4. Membuat Hati Senang

Keberadaan kucing peliharaan di rumah akan membuat kamu merasa senang. Ketika berjalan ke ruangan tertentu dan melihat ada kucing peliharaanmu, tentu hati akan langsung merasa senang.

 5. Mengobati penyakit autis

Berdasarkan penelitian, mengelus kucing bisa menenangkan anak-anak yang memiliki penyakit autis. Tidak ada hewan peliharaan lain yang bisa menenangkan penyakit autis selain kucing. Hewan berkaki empat ini tidak hanya mampu menemani sang anak, namun dapat sangat membantu di bidang medis. Para peneliti percaya ini menjadi salah satu dari 10 manfaat kesehatan utama hidup bersama kucing.

Bagikan
Loading...