in

Ini Bedanya Detektif Swasta Dengan Detektif Negara

Jasa Detektif Swasta merupakan jasa yang menyediakan jasa penyelidikan oleh klien. Secara garis besar detektif swasta adalah orang atau lembaga yang bekerja mencari informasi tentang suatu kasus yang bersifat independen, dan tidak terikat dengan aparatur penegak hukum seperti POLRI, TNI dsb.

Namun tidak menutup kemungkinan beberapa pihak penyelidik swasta ini bekerja sama dengan pihak tersebut. Pekerjaan seorang detektif swasta  tidak berhak dan memiliki wewenang untuk melakukan tindakan hukum. Oleh sebab itu, peran detektif swasta ini, bersifat mencari dan mengumpulkan informasi dari suatu kasus tertentu.

Namun adakah perbedaan detektif swasta dengan detektif negara?

 

Perbedaan Penyelidik Negara dengan Penyelidik Penyedia Jasa Detektif Jakarta

Dalam beberapa kasus tertentu tidak semuanya dapat ditangani oleh aparatur hukum negara. Beberapa kasus tertentu, seperti kasus-kasus bersifat pribadi dan tertutup serta bisnis, biasanya orang akan memilih menggunakan jasa detektif swasta. Detektif swasta merupakan salah satu pilihan dari beberapa orang karena dinilai dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Lain halnya jika memilih menyelesaikan masalah dengan aparat kepolisian atau kejaksaan yang dinilai malah menimbulkan masalah baru, misalnya karena kasus yang dianggap private, terekspos ke publik. Beberapa Jasa Detektif swasta pun memiliki keahlian di bidangnya dan dianggap mampu menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah bagi mereka yang membutuhkan jasa detektif ini.

 

Tugas dan Wewenang Detektif Negara dan Jasa Detektif Jakarta

Secara kongkrit dalam KUHAP pasal 1 butir 2, menyebutkan penyelidikan dimulai setelah terjadinya suatu tindak pidana, kemudian dilakukan proses mendapatkan informasi berupa keterangan-keterangan tentang; Tindak apa yang dilakukannya, kapan, dimana, dengan apa, bagaimana dan mengapa tindak pidana itu dilakukan.

Proses pencarian penyelidikan ini juga merupakan serangkaian kegiatan untuk menemukan pelaku (tersangka) dalam suatu kasus tertentu. Hal ini pula umumny merupakan  kegiatan yang dapat dilakukan oleh Jasa Detektif swasta, yaitu mencari informasi,  memecahkan kasus, dengan tetap memperhatikan etika-etika penyelidikan, tidak melanggar hukum dan melanggar aturan kebijakan perusahaan swasta.

Beberapa jasa detektif  swasta / private investigator dapat digunakan jasanya, baik oleh perorangan maupun lembaga/perusahaan. Permintaan yang dilayani pada Jasa Detektif swasta ini misalnya; penyelidikan latar belakang dan investigasi, pencarian orang hilang, pengawasan atau memata-matai seseorang (Spy), menyelidiki kecurigaan penipuan mitra maupun keluarga, investigasi mitra bisnis, pengawasan property dsb.

Selain melayani permintaan kasus-kasus seperti diatas beberapa Jasa Detektif swasta, juga dapat menolak beberapa permintaan calon pemakai jasa, misalnya; Penghilangan nyawa manusia, penagihan utang, jika hasil pencarian informasi suatu kasus atau hasil investigasi tersebut untuk tindakan kriminal oleh klien untuk hal-hal yang merugikan seperti penculikan, pemerasan, penghancuran karakter seseorang atau merugikan pihak-pihak tertentu.

maka penyedia jasa penyelidik ini bisa menolak, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan keamanan dan rahasia negara. Itulah beberapa contoh Jasa Detektif swasta yang biasanya ditawarkan, beroperasi dan bertempat di satu wilayah, bahkan ada yang tersebar di seluruh negara indonesia.

Bagikan

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar