in ,

Ini Dia Caleg Eks Koruptor dari Golkar yang Berkasnya Dibalikin

KPU Buleleng mengembalikan berkas bacaleg dari Partai Golkar, Putu Wibawa. Sebab, ia belum melampirkan salinan putusan pengadilan secara lengkap sehingga tidak bisa ditelusuri kebenarannya.

“KPU menyatakan dokumen yang bersangkutan belum memenuhi syarat (BMS) karena belum melampirkan salinan putusan lengkap yang dilegalisir dari instansi berwenang,” kata Ketua KPU Buleleng, Dr Gede Suardana kepada detikcom, Minggu (22/7/2018).

NYIMAK YANG INI JUGA :  Novel Baswedan Menagih Pengungkapan Teror

Putu akan bertarung di Dapil Buleleng nomor urut 2. Putu dalam berkasnya hanya melampirkan bagian depan salinan putusan PN Denpasar Nomor 02/Pid.Sus/2014/PN.Tipikor.Dps. Putu juga melampirkan dokumen kliping koran sudah mengumumkan ke publik sebagai mantan narapidana dan surat keterangan dari pimpinan media.

NYIMAK YANG INI JUGA :  17 Dentuman Meriam Awali Peringatan Proklamasi di Istana Merdeka

“Dalam dokumen tersebut juga belum terdapat amar putusan sehingga KPU belum mengetahui apakah yang bersangkutan diputus bersalah atau tidak oleh pengadilan Tipikor,” ujar Gede.

Oleh sebab itu, partai dapat melengkapi dokumen salinan putusan. Jika dilengkapi salinan putusan pada masa perbaikan, maka KPU akan melakukan klarifikasi ke Pengadilan Tipikor PN Denpasar.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Mahasiswa Papua Mendadak Datangi Wali Kota Yogya Saat Upacara

“Jika dalam klarifikasi nantinya dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi maka sesuai PKPU 20/2018 tentang pencalonan anggota DPR/DPRD, maka yang bersangkutan akan dibatalkan sebagai bacaleg atau partai dapat mengganti bacalaeg ybs dengan bacaleg lainnya,” papar Gede.

Keterangan Gambar Utama : Ilustrasi (dok.detikcom)
Sumber Artikel : Detik News

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar