in

Ini Dia Gunung Terpendek di Dunia, Tingginya Cuma 60 Cm

Jika Anda mencari gunung yang mudah untuk didaki, coba pergi ke Shouguang, di Provinsi Shandong, China. Sebab di sana ada Jingshan, gunung terpendek di dunia yang tingginya hanya 0,6 meter (60 cm) dari permukaan tanah.

Dalam waktu kurang dari satu detik saja, Anda sudah bisa sampai ke puncak gunung ini. Mungkin terdengar aneh kenapa benda yang tampak lebih mirip seperti batu ini malah disebut gunung, tentunya ada alasan di balik semua itu.

Ya, Jingshan dianggap sebagai simbol wilayah dan salah satu destinasi wisata paling populer di distrik Shoguang. Dilansir dari Odditycentral, Jingshan dianggap sebagai gunung bawah tanah yang sangat besar di mana batu tersebut merupakan bagian puncaknya.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Ngakak! Anissa Aziza Dikerjai Raditya Dika Sampai Merasa Malu

Seberapa dalam gunung Jingshan?

Sayangnya tidak diketahui secara jelas berapa dalam Jingshan di bawah permukaan tanah karena statusnya yang dilindungi sehingga dilarang untuk menggali di sekitarnya. Namun dulu pernah ada beberapa orang yang mencoba menggali batu itu.

 

Menurut Zheng Binhai, mantan kurator Museum Shouguang Bo, pada masa pemerintahan Mao Zedong, seseorang ditugaskan untuk menggali di sekitar Jingshan untuk membuktikan bahwa itu bukanlah gunung, melain bongkahan batu biasa. Namun setelah menggali beberapa meter, bagian ujung batu tersebut tidak ditemukan hingga akhirnya mereka menyerah.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Aurelie Moeremans Tak Mau Dibandingkan Dengan Julie Estelle di Film 'KUNTILANAK'

Karena ujungnya tidak pernah ditemukan, batu ini pun disebut sebagai gunung.

Kemudian pada tahun 1958, seseorang kembali berusaha menggali di sekitar Jingshan, tetapi mereka juga gagal menemukan ujung batu tersebut. Sejak saat itu, batu ini telah diakui sebagai gunung.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Jefri Nichol dan Pacar Sama-sama Sibuk, Kapan Ketemunya?

Situs China.org melaporkan bahwa Jingshan diperkirakan memiliki ketinggian 48 meter, tetapi sebagian besarnya di bawah tanah. Sementara bagian puncaknya yang menonjol hanya memiliki tinggi 0,6 meter panjang 1,24 meter dan lebar 0,7 meter.

Bentuk penggalian di sekitar Jingshan adalah tindakan ilegal.

Karena Jingshan dianggap sebagai objek wisata yang penting, pemerintah setempat telah menetapkan larangan penggalian di sekitar Jingshan.

 

Sumber artikel: Viva
Keterangan gambar: Gunung Jingshan, China. Photo : U-Report

Bagikan

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Komentar

komentar