in

iPhone Baru Disebut Tak Cocok Bagi Wanita

Tak henti-hentinya media sosial mengkritik trio iPhone baru keluaran Apple, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Setelah disebut minim inovasi serta harganya yang masih cukup tinggi, kini giliran desainnya yang menjadi sasaran kritik.

Desain ketiga ponsel anyar keluaran perusahaan pimpinan Tim Cook itu dianggap tidak ramah terhadap tangan perempuan. Ungkapan tersebut dilontarkan oleh sejumlah wanita yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan.

Yang pertama datang dari Caroline Criado Perez. Melalui akun Twitter miliknya, aktivis perempuan asal Inggris ini mengatakan bahwa Apple kembali gagal dalam memperbarui ponselnya agar ukurannya pas dengan kebanyakan tangan wanita.

“Apa yang salah denganmu Apple? Pada kenyataannya, lebih banyak perempuan yang membeli iPhone ketimbang laki-laki. Desain (ponsel itu) untuk tubuh kami,” tulisnya.

Lalu, ada penulis asal Turki bernama Zeynep Tufekci. Lewat akun Twitter pribadinya, ia juga melontarkan hal yang senada dengan Caroline.

“Perempuan seperti saya dengan tangan kecil yang sangat membutuhkan ponsel yang aman terjebak dengan ponsel yang tidak bisa saya pegang dan berisiko jatuh secara terus menerus,” cuitnya, mengarahkan keluhan tersebut kepada Apple.

Sophie Walker, salah satu pemimpin di Women’s Equity Party, ikut bergabung dalam memanaskan kritik ini. Ia mengatakan, berdasarkan sebuah studi pada 2015 lalu, perempuan cenderung lebih banyak memiliki iPhone ketimbang laki-laki.

“Para laki-laki di Apple jelas-jelas terobsesi dengan ukuran, tapi mereka juga harus menyadari jika performa juga penting,” tulisnya, menanggapi kicauan dari Caroline.

Menariknya, kritik yang dilontarkan oleh Sophie justru mendapat serangan balik dari netizen lain. Banyak pengguna Twitter yang mengatakan jika komentarnya itu membuat feminis terlihat buruk.

Di samping itu, faktanya, dimensi dari iPhone XS Max sejatinya lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 8 Plus. Ponsel yang disebutkan pertama memiliki panjang 6,2 inch dan lebar 3,05 inch.

Sedangkan nama kedua ukuran panjangnya mencapai 6,24 inch dengan lebar menyentuh angka 3,07 inch. Baik iPhone XS Max maupun iPhone 8 sama-sama memiliki ketebalan 0,3 inch.

 

Sumber: Detik

Bagikan

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar