in ,

Izin Investasi di KEK Mandalika Dibatasi

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membatasi pengajuan permohonan izin investor yang akan berpartisipasi dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jumlah investor yang ingin membangun kawasan itu disebut terlalu banyak.

“Sebetulnya istilah ditutup kurang pas, artinya (penutupan izin) karena itu kuota, semacam pembatasan jumlah yang mengajukan permohonan untuk punya peluang berpartisipasi di situ karena saking banyaknya,” kata Kepala Biro Humas Pemprov NTB, Irnadi Kusuma di kawasan Mandalika, NTB, Sabtu (28/7/2018).

Irnadi mengatakan animo para investor untuk turut membangun KEK Mandalika sangat tinggi. Namun karena kuota yang tersedia dengan jumlah pemohon tidak seimbang akhirnya Pemprov menunda sementara pengajuan investasi tersebut.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Mantap !, Usai Korea Selatan, bir Bintang rambah pasar Amerika Serikat

“Persisnya kuota saya kurang tahu, kurang lebih sekitar 70-an, termasuk salah satunya yang lintasan sirkuit Moto GP. Tapi karena animo para investor sedemikian tinggi sehingga kuota yang tersedia sama yang melamar sudah tidak berimbang lagi, akhirnya ditutup sementara, sambil melihat perkembangan,” ujar Irnadi.

Irnadi menerangkan, sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu, wisata di KEK Mandalika sudah bisa dinikmati masyarakat. Pemerintah bersama pengelola kawasan saat ini sedang fokus pada pengembangan fasilitas lain.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Buka Kelas Profesi Advokat, UCY Gandeng Ferari DIY

“Sebetulnya sekarang sudah mulai berjalan, bahkan sebelum diresmikan pak Jokowi, sebelumnya sudah jalan. Saat KEK Mandalika ditetapkan KEK, maka sudah mulai berjalan. Ditandai 29 tahun belum tuntas persoalan KEK Mandalika, namun karena kerja sama Pemprov NTB degan komponen terkait pembebasan lahan dituntaskan dengan baik, 29 tahun perjuangan pemerintah bisa selesai. Sekarang fokus pengembangan beberapa stan-stan area pelayanan publik dan sebagainya, itu sudah mulai berjalan,” tuturnya.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Tinjau Lombok, TGB Bonceng Jokowi Naik Kawasaki KLX

Seperti diketahui, KEK Mandalika sebelumya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober 2017. Saat itu Jokowi bersama TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) juga membuat vlog yang menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) menjadi pengelola KEK Mandalika. KEK juga ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat NTB.

Keterangan Gambar Utama : KEK Mandalika/Foto: Danu Damarjati
Sumber Artikel : DetikFinance

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar