in

Kominfo Tak Mau Tik Tok Cuma Heboh Goyang 2 Jari

Setelah dibuka kembali, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) punya harapan besar agar Tik Tok dijadikan wadah kreativitas anak bangsa.

Memang tidak bisa dipungkiri selama ini kebanyakan konten Tik Tok yang dibuat kreator dari Indonesia lebih menampilkan menampilkan joget-joget. Paling popular Goyang 2 Jari dan Joget Aisyah Jatuh Cinta.

“Semoga tidak sekadar untuk menampilkan joget-joget saja,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo saat dihubungi detikINET, Selasa sore (10/7/2018).

NYIMAK YANG INI JUGA :  Joni Pemanjat Tiang Sering Diminta Tolong Ibu Ambilkan Asam

Sammy berpendapat jika dilihat dari aplikasinya, Tik Tok sejatinya menarik. Kalau digunakan lebih kreatif, bisa dijadikan batu loncatan sebelum ke media yang lebih besar lagi, seperti televisi.

“Anak-anak bisa menggunakan Tik Tok untuk bernyanyi, bikin stand up comedy, sitkom dan cerita pendek. Jadi bisa enpowering creator anak negeri kalau digunakan dengan baik,” ujarnya.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Gara-gara Elon Musk Nangis, Tesla Kehilangan Rp 116 Triliun

“Kalau (konten) yang melihat tinggi, mereka bisa dilirik oleh pencari bakat. Buktinya Bowo sudah diwawancara di televisi,” imbuh Sammy.

Selain membuat konten yang lebih kreatif, pihak Kominfo meminta masyarakat untuk turut serta mengawasi konten yang ada. Pihak Tik Tok akan menyediakan tombol khusus untuk pelaporan konten negatif.

“Semua platfrom dibutuhkan peran masyarakat, siapa lagi yang menjaganya. Kalau ada pengguna negatif masuk, pengguna postifnya malah terdesak. Harusnya mengambil alih dengan melaporkan dan memperbanyak membuat konten yang positif,” papar Sammy.

NYIMAK YANG INI JUGA :  17 Dentuman Meriam Awali Peringatan Proklamasi di Istana Merdeka

Saat ini tombol pelaporan masih dikerjakan oleh pihak Tik Tok. Diharapkan dalam waktu dekat selesai, karena akan dijadikan standar internasional.

“Nanti tombol pelaporan akan diaplikasikan secara global,” pungkas pria berkacamata itu.

 

Sumber: Detik

Bagikan
Loading...