in

Mulai Nggak Fokus saat Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Kehilangan fokus saat mengerjakan tugas tentu pernah dialami hampir setiap karyawan. Hal tersebut bisa timbul karena berbagai hal, mulai dari banyak pikiran atau terganggu karena situasi kantor kurang kondusif.

Tak jarang kurang konsentrasi bekerja juga terjadi karena hal-hal kecil, seperti salah makan hingga meja yang berantakan. Hal ini tentu dapat mengganggu proses kerja karena membuat kamu jadi menunda. Jika begitu, coba lakukan lima cara berikut ini agar lebih fokus di kantor:

1. Sisihkan waktu lima menit untuk menyegarkan pikiran

Ambil sekiranya lima menit waktu untuk melakukan hal yang disukai. Kamu bisa membuka Instagram atau bermain game untuk menghilangkan penat. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengisi ulang baterai kamu yang lelah bekerja seharian.

2. Mengatur nafas

Hal yang paling mudah untuk menghilangkan stress dalam pikiranmu adalah dengan mengatur nafas. kamu hanya harus fokus selama beberapa menit untuk membuka paru-paru dan menenangkan pikiran. Tidak perlu ekstrem dengan melakukan meditasi. Setidaknya 10 kali tarikan napas panjang untuk membantumu rileks.

3. Berhenti jadi multitasking

Multitasking bisa membuat kita berhenti berfokus pada tugas-tugas pribadi dalam upaya untuk mencapai berbagai tujuan sekaligus. Ini juga telah terbukti berdampak negatif terhadap produktivitas karyawan.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki prioritas tugas untuk dikerjakan, beri mereka perhatian penuh dan abaikan berbagai tugas lain yang menggantung di atas kepala. kamu lebih baik melakukan pekerjaan hebat pada satu tugas sekaligus daripada melakukan pekerjaan yang biasa-biasa saja atau buruk dalam beberapa tugas secara bersamaan.

4. Kerjakan tugas-tugas sulit dalam waktu singkat

Secara umum lebih mudah untuk fokus selama periode waktu 30 menit daripada berjam-jam pada suatu waktu. Oleh karena itu, jika kamu mengerjakan sesuatu yang sangat menantang yang membutuhkan perhatian penuh, segera selesaikan tugas itu ke dalam sesi yang lebih kecil dan selesaikan sedikit demi sedikit.

Lalu bagaimana untuk tugas lainnya? Mulailah mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu, tetapi berhentilah ketika kamu tekah merasa lelah dan tak bisa melakukannya lagi. Pada titik itu, beralihlah ke hal lain, dan kemudian kembali ke tugas yang lebih sulit nantinya. Lakukan ketika pikiranmu sudah kembali segar.

5. Dengarkan musik instrumental atau musik elektro

Dr. Teresa Lesiuk menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik tanpa lirik ketika bekerja akan lebih produktif. Usahakan jangan mendengarkan musik dengan lirik, karena musik jenis tersebut bisa mengganggu konsentrasi kalian

Bagikan
Loading...