in

Piala Dunia 2018, Panggung Terakhir Lionel Messi

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, tak dipungkiri adalah pemain terbaik dunia. Berkat kehebatannya, berbagai rekor dan trofi sudah diraih pemain berusia 30 tahun itu. Hebatnya, Messi pun sukses meraih trofi Ballon d’Or sebanyak lima kali.

Di level klub, Messi kerap tampil gemilang. Sejak memulai debut bersama Barcelona pada 2014, sepak terjang Messi semakin sulit dibendung.

Pemain yang disebut sebagai titisan Diego Maradona itu, tercatat telah mempersembahkan empat trofi Liga Champions, delapan trofi Liga Spanyol, lima gelar juara Copa del Rey, tiga Piala Super Eropa, serta tiga gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Hanya saja, “kesempurnaan”Lionel Messi sampai sekarang belum lengkap. Berjaya di level klub, namun tidak pernah sekali pun membawa timnas Argentina berjaya di kompetisi tertinggi Piala Dunia.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Insiden Costa Meludahi Pemain Sassuolo

Sebelumnya, Messi telah bermain untuk Argentina di Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014 yang lalu. Prestasi terbaik Lionel Messi adalah menjadi finalis pada Piala Dunia tahun 2014 lalu.

Lionel Messi memang pernah mengantar Argentina menjadi juara dunia, tapi itu pada level junior di tahun 2005. Prestasi tertinggi Messi lainnya untuk Argentina adalah medali emas Olimpiade 2008.

Kesempatan Terakhir

Lantaran alasan itu, Messi menilai bahwa laga di Piala Dunia 2018 di Rusia, sangat penting baginya. Ini adalah Piala Dunia edisi keempat dimana dia ambil bagian.

Tentu saja, Messi tidak ingin gagal lagi pada pada kesempatan ini. “[Juara] sekarang atau tidak sama sekali,” kata Messi.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Insiden Costa Meludahi Pemain Sassuolo

30, mengatakan perhelatan akbar musim panas ini bisa menjadi kesempatan terakhirnya mengangkat trofi paling bergengsi di kancah sepakbola.

Namun Messi sadar, untuk memenuhi ambisinya, Argentina harus melalui perjalanan berat di Rusia. Ia pun menyebutkan tim-tim lain yang siap menjegal langkah Albiceleste. “Ada banyak tim yang lebih baik seperti Spanyol, Jerman, Brasil dan Prancis.”

Niat Pensiun

Menariknya, Messi mengisyaratkan bakal pensiun usai gelaran Piala Dunia 2018. Dia ingin mengakhiri kariernya di pentas internasional bersama Timnas Argentina.

Sebenarnya, Messi sempat memutuskan gantung sepatu bersama Timnas Argentina usai kekalahan di final Copa America 2015. Namun setelah banyak desakan, Messi memutuskan untuk kembali.

Messi pada akhirnya hanya menepi singkat dari timnas setelah pelatih anyar Edgardo Bauza berhasil membujuknya untuk membatalkan niat pensiunnya dan kembali berseragam La Albiceleste. Messi pun mengakui dirinya merasa malu jika mengingat momen tersebut.

NYIMAK YANG INI JUGA :  Insiden Costa Meludahi Pemain Sassuolo

“Itu adalah keputusan yang saya buat di tengah panasnya suasana. Tetapi saya merasa malu setelah mengatakan bahwa saya ingin kembali ke timnas,” kata Messi.

Statistik Messi

Berikut statistik Lionel Messi bersama Timnas Argentina sejak 17 Agustus 2005:

Main: 123

Menit bermain: 9.826

Gol: 61

Assist: 42

Kartu kuning: 7

Kartu merah: 1

 

Sumber artikel: Liputan6
Keterangan gambar: Lionel Messi kembali jadi tumpuan Timnas Argentina pada laga melawan Bolivia di Estadio Hernando Siles, La Paz, Rabu (29/3/2017) dinihari WIB. (AP Photo/Victor R. Caivano)

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar