in

Prancis Umumkan Bantuan Kemanusiaan Rp 840 M untuk Suriah

Presiden Prancis Emmanuel Macron, mengumumkan pemberian dana 50 juta euro (Rp 840 miliar) sebagai bantuan kemanusiaan mendesak untuk Suriah. Pengumuman ini disampaikan beberapa hari usai Prancis bersama Amerika Serikat (AS) dan Inggris melancarkan serangan rudal ke Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (17/4/2018), pengumuman ini disampaikan Macron usai bertemu dengan sejumlah lembaga non-pemerintah atau NGO di Paris.

“Malam ini, saya membawa serta para NGO yang bekerja di lapangan di Suriah. Menghadapi situasi kemanusiaan, Prancis membentuk program darurat 50 juta euro,” ucap Macron dalam pernyataan via akun Twitter resminya, @EmmanuelMacron.

 

Dana untuk Suriah ini akan dialokasikan kepada sejumlah NGO dan badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang turun langsung ke lapangan di Suriah, yang sedang dilanda konflik sejak tahun 2011 lalu.

Lebih dari 20 NGO, termasuk Action Aid, Handicap International, Care dan Palang Merah Internasional, ikut serta dalam pertemuan dengan Macron di Istana Kepresidenan Prancis, Elysee, pada Senin (11/4) waktu setempat.

Perkiraan PBB menyebut 13 juta orang, termasuk 6 juta anak-anak membutuhkan bantuan kemanusiaan di Suriah.

 

Pekan lalu, PBB menyatakan harapan untuk bisa mendapatkan bantuan bagi sedikitnya 100 ribu warga Suriah yang sangat membutuhkan bantuan setelah bertahun-tahun dikepung rezim Suriah di Ghouta Timur.

Sementara itu, pada Sabtu (14/4) lalu, Prancis bersama AS dan Inggris menembakkan lebih dari 100 rudal ke sejumlah fasilitas senjata kimia Suriah. Serangan rudal itu bertujuan menghukum rezim Presiden Bashar al-Assad yang diyakini mendalangi serangan gas kimia beracun di Douma, Ghouta Timur yang menewaskan puluhan warga sipil pada 7 April lalu.

 

Sumber: Detik
Keterangan gambar; Emmanuel Macron (REUTERS/Charles Platiau/Pool)

Bagikan

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar