in

Risikonya Bisa Fatal, Hati-Hati Tutup Power Window

Fitur power window pada kendaraan bertujuan memudahkan pengendara untuk menutup kaca jendela. Namun, penggunaannya bisa menjadi berbahaya bagi anak-anak apabila tidak dilakukan dengan benar.

Ya, dilansir dari kidsandcars.org, Kamis (12/07/2018), hanya dibutuhkan daya tekan sebesar 9 kg untuk mematahkan tulang atau mencekik seorang anak kecil.

Sedangkan daya tekan yang dapat dihasilkan oleh power window mencapai 13 hingga 36 kg. Ini artinya, jika seorang anak terjepit di kaca jendela yang menggunakan power window, potensi untuk terluka sangatlah besar.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut. Yang pertama adalah memahami bentuk tombol power window.

Tombol power window seiring waktu mengalami perkembangan. Pada mobil lama biasanya bentuknya berupa rocker atau toggle.

Kedua tombol ini cukup berbahaya karena berisiko tak sengaja tertekan. Adapun tombol yang paling aman adalah model lever atau tuas.

Pasalnya, apabila tombol ini tidak sengaja tertekan justru akan membuat jendela turun.

Tips selanjutnya adalah selalu memperhatikan sekitar ketika akan menutup jendela. Mungkin terdengar mudah dan sederhana, namun tindakan tersebut cukup jarang dilakukan oleh pengendara.

Terakhir adalah mengunci fitur power window agar tidak bisa diakses oleh penumpang. Ya, cara ini bertujuan mencegah si kecil mengoperasikan tombol power window secara tidak sengaja.

Keterangan Gambar Utama : Ilustrasi: Pexel.com Via Otosia
Sumber Artikel : Otosia

Bagikan

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar