in

Segera Hadir di RI, Ini Manfaat Teknologi 5G Bagi Pengguna

Perkembangan teknologi memang tak ada habisnya. Hal ini tentunya mempengaruhi perkembangan lainnya, seperti jaringan  4G menjadi 5G yang tengah ramai diperbincangkan.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, terobosan 5G ternyata membawa banyak perubahan perspektif untuk menciptakan keuntungan bagi masyarakat. Salah satunya seperti pertumbuhan  perangkat IoT (Internet of Thing), yaitu sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan, tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

 

Tak sekadar itu, kabarnya jaringan terbaru ini kemungkinan akan menawarkan terkait  hal-hal seperti kecepatan data. Serta peningkatan mobile broadbandhingga solusi industri dan aplikasi serta pendukung teknologi utama.

“Pertama industri ini ketika datang 5G kita akan runningdan itu banyak  sekali fungsi yang dijalankan manusia akan digantikan mesin. Kedua ketika kita akan jalankan critical, mission application, misalnya mobil tanpa sopir dan itu bisa dijalankan oleh 5G. Ketiga broadband experience (pengalaman),” ujar Ismail TM Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), dalam acara Peluncuran Perangkat Lunak (software) 5G dari Ericcson di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 17 April 2018.

Seiring dengan berkembangnya perilaku konsumen, 5G bersama operator perusahaan terkait juga akan mengelola data secara efisien. 5G kedepannya juga menunjukkan strategi evolusi jaringan untuk bermigrasi dengan mulus dari jaringan 4G yang ada saat ini ke 5G. 
Sementara, pada layanan masa uji coba, pada Agustus ini nantinya akan mempersiapkan spektrum sebesar 3,5 GB, 26 GB dan 28 GB.

“Jadi ketika masyarakat  berpindah pada 5G mereka akan mendapatkan lebih experienceuntuk koneksi broadband yang jauh lebih hebat daripada 4G,” kata dia.

 

Sumber: CNBC
Keterangan gambar: Eric Gaillard / Reuters

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar