in ,

Stephen Hawking Cemas Kecerdasan Buatan Punahkan Manusia

Profesor Stephen Hawking kembali memperingatkan dunia bahwa perkembangan kecerdasan buatan semakin pesat dan nyata, dan akan menyalip kehebatan manusia.

Meskipun ia tidak memberikan waktu yang spesifik kapan hal tersebut akan terjadi, namun Stephen meyakini bahwa kecerdasan buatan alias AI atau artificial intelligence akan menggantikan manusia secara seutuhnya.

“Saya takut kecerdasan buatan akan menggantikan manusia secara keseluruhan. Mereka layaknya virus komputer yang dapat mengembangkan kemampuan dan mereplikasi diri,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa hal tersebut dapat memicu bentuk baru kehidupan yang akan membuat manusia tertinggal.

Pernyataan dari Stephen Hawking tersebut diperkuat dengan laporan dari PricewaterhouseCoopers (PwC) bahwa empat dari sepuluh pekerjaan yang ada di dunia sangat riskan tergantikan oleh robot.

Selain itu, pada 2030 nanti 38% dari pekerjaan di Amerika Serikat akan hilang digantikan oleh robot dan kecerdasan buatan. Hal tersebut selaras dengan apa yang akan terjadi di Inggris Raya (30%), Jerman (35%), dan Jepang (21%).

Analisis lain menyebutkan bahwa 61% pekerjaan dalam jasa layanan finansial sangat berisiko diambil alih robot, seperti detikINET kutip Daily Mail, Senin (6/11/2017).

Ini bukan pertama kalinya ia mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kecerdasan buatan. Pada Oktober lalu, ia mengatakan bahwa teknologi tersebut dapat menimbulkan konflik dengan manusia.

“Saya percaya bahwa tidak ada perbedaan antara otak biologis dengan komputer, keduanya dapat mencapai pencapaian yang sama,” katanya.

Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa kecerdasan buatan berpotensi menciptakan keuntungan yang sangat besar.

Revolusi teknologi tersebut dapat ‘memutar ulang’ kerusakan alam yang diciptakan oleh manusia akibat dari industrialisasi Walapun, ia tidak memungkiri bahaya yang tersimpan di dalamnya.

“Singkatnya, kesuksekan dalam menciptakan kecerdasan buatan mungkin menjadi pencapaian terbesar dalam sejarah manusia. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi pencapaian yang terakhir jika kita tidak dapat mempelajari risiko yang dapat terjadi,” pungkasnya.

Sumber

Gambar : Stephen Hawking. Foto: Getty Images

Artikel : https://inet.detik.com/serba-serbi-teknologi/d-3714989/stephen-hawking-cemas-kecerdasan-buatan-punahkan-manusia

Bagikan
Loading...

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Komentar

komentar