in

Tips Supaya Kamu Nggak Kehausan Saat Menjalani Ibadah Puasa

Bulan Ramadan telah tiba. Saat seluruh umat Islam menjalankan puasa dengan penuh ikhlas. Selama belasan jam orang muslim wajib menahan haus lapar dan hawa nafsu.

Kesulitan itu harus dihadapi sampai saat waktu buka puasa. Namun terkadang yang menjadi tantangan terberat di hari-hari pertama puasa ialah menahan haus. Berikut tips dari berbagai sumber agartidak mudah haus selama berpuasa :

1. Konsumsi banyak buah-buahan

Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa kamu dapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa kamu dapatkan di buah-buahan.

Semangka, stroberi, anggur dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Kamu bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah.

2. Siapkan yogurt

Tahukah kamu bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein, sangat baik untuk kamu yang sedang berpuasa. Kamu bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.

3. Atur pola minum

 

Haus salah satu tantangan berat saat berpuasa. Oleh karena itu supaya tidak mudah haus saat berpuasa harus pintar mengatur pola minum.

Caranya dengan minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan dua gelas di saat sahur. Jangan minum berlebihan atau sekaligus, karena dapat menyebabkan perut kembung dan mempercepat keluarnya cairan dari dalam tubuh.

Bagikan
Loading...