News

Update Kondisi Terkini Massa Demo di DPR : Penolakan Revisi UU Pilkada Masih Berlanjut

updatebanget.id – Massa demo di depan Gedung DPR RI untuk menolak revisi UU Pilkada belum sepenuhnya bubar. Sebagian dari mereka masih berkumpul di beberapa titik di sekitar gedung tersebut.

Update Kondisi Terkini Demo Hari Ini

Menurut pantauan updatebanget.id pada Kamis (22/8/2024), massa demo di gerbang utama Gedung DPR mulai berangsur bubar. Situasi tidak lagi sepadat siang tadi ketika massa pendemo memadati area tersebut.

Massa Demo

Beberapa demonstran duduk di barrier busway, sementara yang lain berdiri di Jalan Gatot Subroto di depan DPR, ada yang mengabadikan momen dan duduk-duduk di sekitar lokasi. Spanduk-spanduk protes masih terpasang di gerbang utama DPR.

Baca Juga : Viral Postingan ‘Peringatan Darurat’ di Media Sosial Pasca Putusan Kontroversial MK Soal Pilkada

Sisa-sisa asap dari aksi bakar-bakaran oleh massa juga masih terlihat di beberapa titik, termasuk di ruas jalan tol yang saat ini masih ditutup, memaksa sejumlah mobil untuk memutar balik.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, telah mengumumkan bahwa revisi UU Pilkada tidak disahkan dalam rapat paripurna hari ini. Pendaftaran calon kepala daerah pada tanggal 27 Agustus akan mengikuti hasil judicial review (JR) UU Pilkada yang diajukan oleh Partai Buruh dan Partai Gelora.

“Dengan tidak disahkannya revisi UU Pilkada pada tanggal 22 Agustus hari ini, maka pada saat pendaftaran pada tanggal 27 Agustus adalah hasil JR MK yang diajukan oleh Partai Buruh dan Gelora,” ujar Dasco kepada wartawan.

Akibat aksi demo ini, pihak Kepolisian melakukan pengalihan arus lalu lintas.

Baca Juga : Protes dan Simbol Garuda Pancasila : Peringatan Darurat dan Tetap Kawal Putusan MK

Saat ini sudah dilakukan pengalihan arus di Jl. Gatot Subroto yang mengarah Slipi dialihkan ke Jl.Gerbang Pemuda. Diimbau yang melalui Jalan Tol yang akan menuju Slipi maupun ke Bandara sebaiknya menggunakan Rute Alternatif Tol Tanjung Priok untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

“Selamat siang warga Jakarta, saat ini pukul 13.58 WIB, 22 Agustus 2024. Kami informasikan kepada masyarakat, di depan DPR saat ini sedang berlangsung menyampaikan pendapat di muka umum oleh mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya. Kegiatan ini kemungkinan akan berlangsung sampai pukul 20.00 WIB,” demikian pernyataan yang disampaikan Polisi dalam video unggahan di akun media sosial X @/TMC Polda Metro Jaya, Kamis (22/8/2024).

“Untuk arus lalu lintas sendiri, dari arah Semanggi sudah dialihkan ke Gerbang Pemuda. Kami imbau kepada warga masyarakat yang akan menuju arah Slipi, maupun ke Bandara sebaiknya menggunakan rute alternatif Tol Tanjung Priok untuk menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas.” 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Mastodon