Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Anak Sudah Berusia 2 Tahun, Simak Cara Menyapih Anak Dengan Mudah Berikut

Cara Mudah Menyapih Anak

Updatebanget.idASI atau air susu ibu merupakan makanan yang paling bergizi untuk anak. ASI diperlukan sebagai makanan utama bayi hingga berumur 6 bulan.

Setelah itu, bayi akan mendapatkan makanan tambahan namun tetap mengkonsumsi asi. Barulah ketika umur 2 tahun, ibu akan mencari cara menyapih anak agar anaknya berhenti menyusu.

Sebenarnya, ASI akan berhenti berproduksi dengan sendirinya. Namun, tak semua ibu mengalami yang demikian. Terkadang ASI juga terus keluar hingga anak memasuki usia sekolah.

Baca Juga: Susah Makan, Simak 6 Cara Jitu Meningkatkan Nafsu Makan tanpa Obat!

Kenyataan seperti inilah yang membuat para ibu mencari cara menyapih anak dengan harapan anak akan berhenti menyususi dan belajar minum dari gelas.

Alasan lain mengapa seorang ibu mencari cara menyapih anak mereka adalah karena alasan malu. Ketika anak sudah besar namun masih menyusu, ibu pasti akan merasa rishi dan malu, apalagi jika anak minta menyusu di keramaian dan menangis ketika tak dituruti.

Menghadapi kenyataan yang demikian, ibu pasti akan mencari cara menyapih anak, mulai dari mengunjungi orang pintar hingga mengoleskan bahan yang berbau menyengat atau pahit pada putting.

Cara menyapih anak seperti yang disebutkan di atas sebenarnya tidaklah efektif. Cara yang paling efektif agar anak berhenti menyusu adalah dengan menghentikan produksi ASI.

Dengan demikian, anak akan berhenti menyusu dengan sendirinya karena ASI sudah tak lagi keluar. Lalu, bagaimana cara menghentikan produksi ASI secara alami? Simak informasinya berikut.

Cara menyapih anak dengan menghentikan produksi ASI

Dikutip dari boldsky.com, berikut 3 cara menyapih anak dengan cara menghentikan produksi ASI

Air

Para ibu sering berfikir bahwa meminum sedikit air dapat membantu menghentikan produksi ASI. Padahal, meminum air terlalu sedikit justru akan membuat ASI bocor. Jadi, jika Anda berniat menyapih anak dengan menghentikan produksi ASI, sebaiknya jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Caranya, minum air putih secukupnya, tidak kurang atau tidak lebih.

Menggunakan daun kubis

Cara menyapih anak selanjutnaya adalah dengan menggunakan daun kubis. Caranya, ambil satu lembar daun kubis lalu cuci bersih.

Baca Juga: Google Luncurkan Update Beta Android 13, Sistem Keamanan Jadi Sorotan

Tempatkan daun kubis yang sudah dicuci dalam kulkas hingga suhunya cukup dingin. Gunakan daun kubis dingin tadi untuk mengompres payudara. Biarkan daun kubis menempel hingga layu dan langsung ganti ketika sudah layu.

Kompres es

Pada saat awal berhenti menyusui, payudara biasanya akan menjadi bengkak, kencang dan sakit. Hal ini adalah sangat wajar. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengkompresnya dengan air ES sebanyak dua kali sehari. Jika memungkinkan, lakukan kompres air es dan air panas secara bergantian. Dengan demikian, peradangan dan rasa sakit akan segera berkurang.

Demikianlah 3 cara menyapih anak dengan menghentikan produksi ASI. Namun, Anda harus ingat bahwa Anda hanya boleh menyapih anak ketika usianya cukup untuk disapih (di atas 2 tahun).

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan