Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Erdogan Sebut Netanyahu ‘Tukang Jagal Gaza’ Akibat Agresi Israel

screenshot 3688

Updatebanget.id – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengecam Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dengan menyebutnya “tukang jagal Gaza” dalam respons marah terhadap agresi Israel. Erdogan juga menuduh Netanyahu menyebarkan anti-Semitisme di seluruh dunia dalam pidatonya yang disiarkan di televisi nasional Turki.

Dalam pidato tersebut, Erdogan menyatakan bahwa keberadaan Netanyahu tidak hanya berbahaya bagi Palestina tetapi juga bagi orang Yahudi di seluruh dunia. Erdogan menyebut Netanyahu sebagai “penjagal Gaza” dan menuduhnya membahayakan keamanan orang Yahudi di dunia dengan mendukung anti-Semitisme melalui tindakan pembunuhan di Gaza.

Ancaman dilontarkan Erdogan terkait hubungan bilateral antara Israel dan Turki, yang baru saja pulih dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun kedua negara telah menunjuk kembali duta besar mereka dan menjajaki pengembangan hubungan dagang yang lebih erat, agresi Israel ke Palestina membuat Turki menarik utusannya sebagai protes.

Erdogan juga menuduh Israel mempersulit upaya gencatan senjata di Jalur Gaza, di tengah berlangsungnya perundingan antara Israel dan Hamas untuk memperpanjang gencatan senjata yang saat ini berlaku. Gencatan senjata ini dimulai pada tanggal 24 November dan diperpanjang hingga 30 November.

Ancaman Erdogan terhadap hubungan bilateral dan kritik terhadap Israel menunjukkan kecemasan Turki terhadap kebijakan Netanyahu di Gaza serta dampaknya terhadap stabilitas di kawasan tersebut.

“Namun, pernyataan yang dibuat oleh pemerintahan Netanyahu menghilangkan harapan kami agar jeda kemanusiaan diubah menjadi gencatan senjata yang langgeng,” kata Erdogan seperti dikutip AFP.

Turki menjadi salah satu negara Muslim yang sangat vokal mengutuk Israel dan membela Palestina. Sebelumnya, Erdogan telah mendeklarasikan Israel sebagai negara teroris akibat agresi brutalnya ke Gaza yang kini telah menewaskan lebih dari 15.000 orang.

Erdogan juga menentang klaim Israel saat ini bahwa kelompok Hamas bukan lah teroris, tetapi organisasi pembebasan yang berupaya memperjuangkan dan melindungi tanah serta bangsanya sendiri.

Share:

Arfi AS

Penulis berita bola, prediksi sepakbola paling akurat, percaya diri tulisan tentang dunia olahraganya adalah yang paling cepat dan akurat. Berita reportase juga merupakan keahlian dari Anak kelahiran KOta Soto Lamongan ini