Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Gerakan Salam 4 Jari Ramai Di Medsos, Begini Respons Anies Dan Ganjar

Table of contents: [Hide] [Show]

Gerakan Salam 4 Jari Ramai di Medsos, Begini Respons Anies dan Ganjar

TRIBUNNEWS.COM – Saat ini gerakan salam empat jari sedang ramai di media biasa (medsos).

Maksud dari salam empat jari merupakan mengajak penduduk untuk memutuskan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Dengan kata lain, salam ini menjadi gerakan untuk mendegradasi pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Anies sendiri menepis bahwa gerakan ini merupakan bentuk kepanikan.

Dia menyampaikan pihaknya makin optimis banyak yang bergabung dalam gerakan perubahan.

Hal ini disampaikannya di Kampung Muka, Ancol, Jakarta Utara, Senin (29/1/2024).

“Apa ada dari kita panik? Tenang terus kok, kian hari kita kian optimis, kian hari kita saksikan kian percaya untuk bergabung dalam gerakan perubahan,” kata Anies.

Sementara itu, Ganjar Pranowo tak banyak menampilkan komentar terkait fenomena ini.

Ganjar cuma meminta agar rakyat bersabar, alasannya yakni sanggup saja ia dan Mahfud MD menang Pilpres 2024 satu putaran.

“Nanti lah, nanti tunggu 14 Februari dulu. Siapa tahu kan nomor 3 (menang) satu putaran,” tuturnya usai menghadiri kampanye akbar bertajuk “Hajatan Rakyat” di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/1/2024) siang.

Sebelumnya, penggagas yang memelopori salam empat jari, John Muhammad, mengungkapkan tujuan di balik gerakan tersebut.

Dia menyampaikan gerakan tersebut mengarahkan para pemilih ragu-ragu biar memutuskan pasangan nomor urut 1 atau pasangan nomor urut 3 dalam Pilpres 2024.

John berharap gerakan itu sanggup meminimalisir potensi terjadinya pilpres satu putaran menyerupai yang diperlukan kubu Prabowo-Gibran.

“Saya mewakili kalangan orang yang tidak menginginkan 02 menang. Jadi, perlu ada koalisinya. Mengapa empat jari? Karena 01 ditambah 03. Tapi empat jari juga punya makna, kita membela demokrasi,” ucap John, Senin.

Foto tersebut sudah diunggah di medsos X (dulunya berjulukan Twitter) oleh akun @gitaputrid dan diunggah ulang 11.000 kali dengan 24.000 tanda suka.

Salam empat jari yakni gerakan yang ramai di media biasa yang terciri dari lambang tangan dengan empat jari teracung.

Gerakan itu mengajak penduduk memutuskan Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

Penjelasan Timnas AMIN

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) juga sudah menampilkan komentar soal gerakan salam empat jari.

Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Iwan Tarigan, menyampaikan salam tersebut merupakan simbol perlawanan yang lahir secara organik dari masyarakat.

“Tentunya kami dari Timnas AMIN menghormati, lantaran salam empat jari lahirnya dari rakyat yang merasa ada ketidakadilan, ada keseweng-wenangan, ada perbuatan perbuatan tercela, tetapi dibiarkan tanpa merasa malu,” kata Iwan terhadap wartawan, Senin.

Iwan memercayai dengan gerakan salam empat jari, kebenaran akan senantiasa mencari jalannya sendiri dan dengan caranya sendiri.

Ada sejumlah makna dalam salam empat jari, berikut di antaranya:

  • Simbol mengharapkan koalisi paslon nomor urut 1 + 3 (AMIN/Ganjar-Mahfud) lewat tangan kita sendiri, bukan elite.
  • Simbol membela Sila ke-4 Pancasila: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan perwakilan” yang memiliki arti dari, oleh, dan untuk rakyat (demokrasi) lewat musyawarah-mufakat.
  • Isyarat internasional untuk tanda ancaman dan/atau meminta pertolongan.
  • Simbol asa kekuatan politik gres (ke-4) yang lebih progresif melawan oligarki dan politik dinasti.

(Tribunnews.com/Deni/Rahmat Fajar Nugraha/Reza Deni)

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan