Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hamas Sinyal Ingin Perpanjang Gencatan Senjata dengan Israel Selama Empat Hari Tambahan di Gaza

screenshot 3690

Updatebanget.id – Kelompok Hamas Palestina dilaporkan bersedia untuk memperpanjang gencatan senjata dengan pasukan militer Israel selama empat hari tambahan. Seorang sumber anonim mengungkapkan bahwa Hamas menginginkan perpanjangan ini dengan tujuan membebaskan lebih banyak sandera warga Palestina yang ditahan oleh militer Israel.

“Sumber tersebut menyampaikan bahwa Hamas telah menginformasikan mediator mengenai keinginannya untuk memperpanjang gencatan senjata selama empat hari,” ungkap sumber tersebut kepada AFP pada Rabu (29/11).

Ia menambahkan, “Gerakan tersebut berharap dapat membebaskan tahanan Israel yang ditahan oleh mereka, gerakan perlawanan lain, dan pihak lain selama periode ini sesuai dengan ketentuan gencatan senjata yang ada.”

Gencatan senjata tambahan selama dua hari antara Israel dan Hamas dijadwalkan berakhir pada hari ini, Rabu (29/11). Negara-negara seperti Qatar, Mesir, Amerika Serikat, dan perwakilan Israel sedang melakukan pembicaraan untuk membahas kemungkinan perpanjangan gencatan senjata. Meskipun, laporan menyebutkan bahwa ada kemungkinan perpanjangan tambahan selama satu hari lagi seiring dengan daftar tawanan yang harus dibebaskan oleh Hamas.

Sejauh ini, gencatan senjata telah diperpanjang sebanyak satu kali yang berlaku selama dua hari, pada 28-29 November 2023.

Perpanjangan ini melanjutkan gencatan senjata tahap pertama yang telah berlangsung selama empat hari, tepatnya pada 24-27 November lalu.

Layanan Informasi Negara Mesir (SIS), Diaa Rashwan, mengatakan perpanjangan gencatan senjata tambahan ini akan mencakup pembebasan 20 sandera Hamas di Gaza. Sebagai imbalan, 60 tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel juga akan dibebaskan.

Hingga Selasa, Hamas telah membebaskan 12 sandera baru, dengan rincian 10 warga Israel dan 2 warga Thailand. Menyusul Hamas, Israel melepaskan 30 tahanan Palestina dari penjara.

Sejauh ini, sebanyak 60 sandera dari Israel telah dilepaskan oleh Hamas. Sebagai imbalan, sebanyak 180 sandera Palestina juga sudah dibebaskan oleh militer Israel.

Share:

Arfi AS

Penulis berita bola, prediksi sepakbola paling akurat, percaya diri tulisan tentang dunia olahraganya adalah yang paling cepat dan akurat. Berita reportase juga merupakan keahlian dari Anak kelahiran KOta Soto Lamongan ini