Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Penyelidikan Malaysia Terhadap Insiden Jatuhnya Pesawat di Jalan Tol yang Menewaskan 10 Orang

Updatebanget.id – Tragedi Kecelakaan Udara: Penyelidik Malaysia Analisis Perekam Suara Kokpit (CVR) Pesawat yang Jatuh di Jalan Tol Dekat Ibu Kota

Pada Jumat, 18 Agustus 2023, tim penyelidik kecelakaan udara Malaysia tengah melakukan analisis mendalam terhadap perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR) dari pesawat yang mengalami kecelakaan tragis di jalan tol dekat ibu kota. Insiden mengerikan tersebut terjadi pada Kamis sehari sebelumnya, menyebabkan delapan korban tewas di dalam pesawat dan dua korban di jalan raya.

Pesawat jenis Beechcraft Model 390 mengalami kejadian mengerikan ketika terhempas dan meledak menjadi bola api di negara bagian Selangor, barat ibu kota Kuala Lumpur. Detik-detik mengerikan ini terekam dalam sebuah video, yang memperlihatkan asap hitam tebal memenuhi langit dari lokasi kejadian. Tim penyelidik berupaya untuk mengungkap fakta-fakta yang berkaitan dengan penyebab kecelakaan yang mengguncangkan ini.

Keseluruhan kedelapan individu yang berada di dalam pesawat, terdiri dari enam penumpang dan dua anggota awak pesawat, bersama dengan dua pengemudi di jalan, dilaporkan meninggal dunia, demikian disampaikan oleh pihak Kepolisian.

Menteri Perhubungan, Anthony Loke, telah mengumumkan bahwa Perekam Suara Kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR) yang berhasil ditemukan pada malam hari Kamis, sedang dalam tahap analisis. Selanjutnya, insiden tersebut akan dijalani proses penyelidikan.

CVR memainkan peran krusial dalam merekam kronologi peristiwa di dalam kokpit pesawat. Rekaman dalam CVR meliputi percakapan terakhir antara awak pesawat dan audio lain yang relevan dengan kejadian tersebut.

“Saya telah menginstruksikan agar penyelidikan dipercepat dan dilakukan secara menyeluruh. Kami akan mengumumkan hasilnya sesegera mungkin setelah analisis selesai,” katanya kepada wartawan.

Kepala polisi Malaysia Razarudin Husain mengatakan seperti beberapa pesawat kecil lainnya, pesawat nahas itu hanya dilengkapi dengan CVR, dan tidak memiliki perekam data penerbangan.

Razarudin mengatakan bahwa operasi pencarian “95 persen selesai” dan diharapkan selesai dalam sehari. “Sejauh ini, kami telah menemukan semua sisa-sisa manusia dari para korban,” katanya.

Pesawat lepas landas dari pulau resor utara Langkawi dan mendekati Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Selangor pada saat kecelakaan, kata kepala otoritas penerbangan sipil Norazman Mahmud, Kamis.

Mohamad Syahmie Mohamad Hashim, mantan anggota angkatan udara Malaysia yang kebetulan menyaksikan menjelang jatuhnya pesawat, mengatakan bahwa dia melihat pesawat terbang tidak menentu dan kemudian mendengar ledakan.

Dia mengatakan kepada wartawan pada Kamis bahwa dia bergegas ke tempat kejadian dan melihat puing-puing dari pesawat serta “tubuh manusia terbakar”.

Kepala transportasi Loke mengatakan sebelumnya bahwa pesawat telah diizinkan untuk mendarat tetapi “belok ke kanan jalur penerbangan pendaratan” sebelum jatuh.

Pada September 1977, sebuah pesawat Japan Airlines menuju Singapura jatuh di dekat lokasi bencana yang sama dengan insiden pada Kamis. Sebanyak 45 orang selamat, tetapi 34 orang kehilangan nyawa dalam kecelakaan itu.

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan