Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Penyelidikan Terhadap Struktur Jaringan Gembong Narkoba Fredy Pratama

updatebanget.id – Hasil analisis yang dilakukan oleh Bareskrim Polri terhadap sejumlah jaringan narkoba yang berhasil mereka tangkap di dalam negeri, mengungkapkan sosok gembong utama dalam peredaran narkoba tersebut, yaitu Fredy Pratama. Fredy Pratama diketahui sebagai otak di balik pengendalian jaringan narkoba di Indonesia yang beroperasi dari Thailand. Hingga saat ini, Polri telah berhasil menangkap 39 tersangka yang terkait dengan jaringan yang dikelola oleh Fredy.

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada, mengungkapkan bahwa jaringan narkoba yang dikendalikan oleh Fredy Pratama beroperasi dengan sangat terorganisir. Mereka menggunakan berbagai aplikasi komunikasi yang aman seperti BlackBerry Messenger Enterprise, Threema, dan Wire untuk berkomunikasi dalam menjalankan aktivitas ilegal mereka. Fredy Pratama sendiri saat ini masih dalam status buron dan merupakan target utama dalam upaya penindakan oleh pihak berwenang.

“Jaringan Fredy Pratama ini benar-benar sebuah jaringan yang rapi, pengungkapan dilakukan berdasarkan pada adanya kesamaan modus operandi. Ketika kita mengungkap kasus-kasus narkoba, kemudian dievaluasi oleh teman-teman di Bareskrim ada kesamaan modus operandi yang digunakan oleh para sindikat tersebut, khususnya penggunaan alat komunikasi, yaitu menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger Enterprise, Threema, dan wire saat berkomunikasi,” jelas Wahyu saat jumpa pers, Selasa (12/9/2023).

Sementara itu, Direktur Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa, menjelaskan struktur jaringan narkoba Fredy Pratama, Jumat (15/9). Berikut strukturnya:

  1. Muhammad Rivaldo Miliandri G Silondae alias Kif
    Berperan sebagai operator pengendali peredaran narkoba ke wilayah barat Indonesia. Cakupan peredaran narkobanya adalah Pulau Sumatera dan Jawa.

2. Inisial WJ
Berperan sebagai operator pengendali peredaran narkoba ke wilayah timur Indonesia. Cakupan peredaran narkobanya adalah Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

3. Adelia Putri Salma (APS) dan David
Adelia dijuluki Ratu Narkoba Palembang. Selebgram ini menampung hasil kejahatan narkoba yang dilakukan suaminya, David.

Polisi menyebut pasangan suami-istri (pasutri) ini peran seperti pasukan wilayah barat dan wilayah timur untuk penyebaran sabu-sabu dan ekstasi. Adelia dan David juga berperan membuat KTP palsu atau identitas palsu.

Mereka juga menjual dan mengendalikan perputaran uang jaringan Fredy Pratama. Barang bukti disita dari Adelia Putri Salma dan David, di antaranya:

  • 3 unit rumah yang berlokasi di Palembang dan Bekasi
  • 1 unit bangunan minimarket
  • 1 unit mobil Toyota Alphard
  • 1 unit Mobil Vellfire
  • 2 unit mobil BMW
  • 1 unit mobil Innova
  • 1 unit mobil Mitsubishi Pajero
  • 1 unit mobil Mercedes-Benz
  • 1 unit motor gede BMW R NineT Option 719

4. AKP Andri Gustami


Eks Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan (Lamsel) AKP Andri Gustami leluasa membantu melancarkan pengiriman narkoba yang melewati Pelabuhan Bakauheni. Andri berhubungan langsung dengan Muhammad Rivaldo Miliandri G Silondae alias Kif yang merupakan tangan kanan Fredy Pratama. Polri menegaskan Andri Gustami pasti ditindak.

Share:

Arfi AS

Penulis berita bola, prediksi sepakbola paling akurat, percaya diri tulisan tentang dunia olahraganya adalah yang paling cepat dan akurat. Berita reportase juga merupakan keahlian dari Anak kelahiran KOta Soto Lamongan ini