Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Presiden Iran Raisi Kunjungi Turki dalam Respons terhadap Agresi Israel di Palestina

screenshot 3643

Updatebanget.id – Presiden Iran, Ebrahim Raisi, melakukan kunjungan ke Turki pada Selasa (28/11) sebagai tanggapan terhadap agresi Israel di Gaza dan Tepi Barat terhadap warga Palestina. Ini merupakan kunjungan kenegaraan perdana Raisi ke Turki, di mana ia bertemu langsung dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan, yang dikenal sebagai salah satu pemimpin Muslim dunia yang paling vokal dalam mengutuk pembantaian warga Palestina oleh pasukan Israel, dengan tegas menyebut Israel sebagai “negara teroris.” Ia juga mengidentifikasi Hamas, yang didukung oleh Iran, sebagai kelompok pembebasan.

Selama pertemuan, Erdogan mendorong Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) untuk segera mengadili para politikus dan pemimpin Israel atas tuduhan genosida di Gaza. Meskipun demikian, upaya untuk mencapai kata sepakat di konferensi darurat Riyadh oleh negara-negara Arab dan mayoritas Muslim gagal, terutama dalam mengenai penerapan sanksi ekonomi dan diplomatik terhadap Israel.

Hakki Uygur, seorang analis Timur Tengah dari Pusat Kajian Iran di Istanbul, menilai bahwa kunjungan Raisi bertujuan untuk menekan Iran agar segera menerjemahkan retorika menjadi tindakan nyata dengan memutus kerja sama perdagangan dan energi dengan Israel. “Iran berharap Turki mengakhiri segala bentuk perdagangan, baik langsung maupun tidak langsung, dengan Israel,” ungkap Uygur seperti yang dikutip dari AFP.

“Di sisi lain, Turki secara hati-hati ingin memisahkan antara masalah politik (diplomatik) dengan perdagangan,” ia menambahkan.

Sejauh ini pemerintah Gaza menyatakan hampir 15 ribu orang tewas akibat agresi Israel di Gaza. Sementara pemerintah Israel menyatakan 1.200 warganya tewas akibat serangan Hamas.

Kunjungan Raisi ke Turki ini pun disebut-sebut hal yang jarang terjadi karena hubungan kedua negara yang kerap mengalami pasang-surut.

Turki diklaim memberikan sokongan kepada kelompok pemberontak yang berusaha menjatuhkan pemerintahan Iran dan Suriah sebagai sekutunya.

Share:

Arfi AS

Penulis berita bola, prediksi sepakbola paling akurat, percaya diri tulisan tentang dunia olahraganya adalah yang paling cepat dan akurat. Berita reportase juga merupakan keahlian dari Anak kelahiran KOta Soto Lamongan ini