Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat Sukses Menggelar Operasi Bayi Kembar Siam

updatebanget.id – Sejarah baru tercipta di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB. Tim dokter di rumah sakit milik pemprov NTB berhasil melakukan operasi bayi kembar siam atas nama Muhammad Karunia, pada Hari Sabtu 5 Agustus 2023.

“Dengan ini saya sampaikan bahwa Rumah Sakit Umum Provinsi NTB sekarang sudah mempunyai tim operasi kembar siam yang andal. Kalau ada kembar siam, silakan menghubungi rumah sakit provinsi,” terang dr. Poerwadi, Sp.BA (K) dalam konferensi pers, Sabtu (5/8).

Dia memuji tim dokter serta fasilitas yang dimiliki RSUD Provinsi NTB. Menurutnya, mereka sudah sangat siap melakukan berbagai macam operasi bayi kembar siam. Sehingga ia menyakinkan masyarakat NTB jika ke depan operasi bayi kembar siam tak perlu lagi di rumah sakit luar daerah.

Operasi bayi kembar siam atas nama Muhammad Karunia ini menurutnya cukup unik. Sehingga butuh kehati­hatian dan kejelian dalam melaksanakannya. “Ini cukup rumit juga tapi alhamdulillah tidak menyangkut nyawa,” kata dokter pengampu dari RS Dr Soetomo Surabaya tersebut.

Tidak seperti beberapa kasus yang ditemuinya yang lebih kompleks. Bayi kembar siam Muhammad Karunia memiliki kaki empat dan tangan empat.

Sunanto, Sp.BA yang menjadi bagian dari tim RSUD Provinsi NTB menyampaikan, pemisahan antara bayi yang normal atau disebut host dengan parasit (tidak normal) memakan waktu hampir 15 jam.

Ia bersyukur operasi ini berlangsung sukses dan bayi yang sudah dioperasi kini dirawat di ruang ICU. “Kami harus sangat hati-hati memisahkan mana kaki yang merupakan host dan parasit. Agar kita tidak salah menentukan mana yang akan dibuang,” paparnya.

Ia memaparkan Muhammad Karunia memiliki empat kaki dan empat tangan. Masing-masing dua kaki dan dua tangan merupakan bagian yang normal sementara dua sisanya adalah parasit. Inilah yang kemudian harus dipisahkan.

Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra bersyukur operasi bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Ia mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang diberikan dr.

Poerwadi yang tak lain juga dosennya di Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah. “Bayinya kini dirawat untuk seminggu ke depan di ICU agar bisa kami kontrol. Kami bersyukur operasi ini bisa berjalan sukses dan menjadi sejarah baru bagi RSUD Provinsi NTB,” ungkap pria yang karib disapa Dokter Jack tersebut.

Ke depan ia memiliki keinginan sesuai amanah yang diberikan gubernur dan wakil gubernur agar tidak ada lagi masyarakat NTB yang dirujuk ke luar daerah.

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan