Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Sinead O’Connor Dimakamkan Dengan Cara Islam dan Dipimpin Oleh Seorang Imam Irlandia

updatebanget.id – Penyanyi Sinead O’Connor meninggal dunia pada 26 Juli di rumahnya di London, Inggris pada usia 56 tahun. Pelantun Nothing Compares 2 U itu akhirnya dimakamkan pada Selasa (8/8/2023) secara Islam.

Ribuan orang, termasuk penyanyi Irlandia Bono dan Bob Geldof, ambil bagian dalam upacara tersebut saat iring-iringannya melewati kampung halamannya di Bray, 20 kilometer dari ibu kota negara Dublin.

Peti matinya ditangisi oleh para penggemar saat menyusuri jalan-jalan di Bray tempat dia tinggal selama 15 tahun. Mobil jenazahnya juga sempat berhenti di bekas rumahnya sehingga pelayat bisa memberikan penghormatan terakhir ke Sinead.

Pemakaman tersebut dipimpin oleh Umar Al-Qadri, cendekiawan Islam dan kepala imam di Pusat Islam Irlandia.

“Berbakat dengan suara yang menggerakkan generasi anak muda, dia bisa membuat para pendengar menangis dengan resonansi dunia lain,” begitu ungkap Umar Al-Qadri dalam ceramahnya saat melepas jenazah mendiang Sinead O’Connor.

Presiden Irlandia Michael Higgins, istrinya Sabina dan Perdana Menteri Leo Varadkar juga menghadiri pemakamannya.

“Curahan kesedihan dan penghargaan atas kehidupan dan karya Sinead O’Connor menunjukkan dampak mendalam yang dia berikan pada orang-orang Irlandia,” kata Michael Higgins dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Anadolu Ajansi.

“Kontribusi unik Sinead melibatkan pengalaman kerentanan besar yang digabungkan dengan tingkat kreativitas yang luar biasa dan dipilihnya untuk disampaikan melalui suara, musik, dan lagu-lagu,” tambah Michael.

Semasa hidupnya Sinead telah merilis 10 album studio, termasuk single hit tahun 1990 Nothing Compares 2 U. Ia meninggal dunia 18 bulan setelah kematian putranya yang berusia 17 tahun, Shane.

Penyanyi itu meninggal di rumahnya, meski penyebab kematiannya belum diumumkan. Polisi mengatakan tidak ada yang mencurigakan dari kematiannya.

Keluarganya mengumumkan berita duka cita lewat tulisan: “Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinead yang kami cintai.”

Sinead O’Connor masuk Islam pada Oktober 2018 dan mengubah namanya menjadi Shuhada Sadaqat. Setelah dia menjadi mualaf, Sinead memutuskan untuk berhijab.

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan