Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tips, Manfaat Grooming Bagi Kucing Agar Tetap Cantik dan Sehat, Ampuh

imgpanda premium bohyvk.jpg

Grooming kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan penampilannya. Tetapi. banyak dari pemilik takut untuk melakukan grooming karena merasa kucing akan stres atau memberontak.

Namun, nyatanya kucing juga suka grooming karena bisa mempererat ikatan dengan pemilik. Kucing akan merasakan perhatian dan kasih sayang dari pemilik melalui grooming.

Selain mempererat hubungan kucing dan pemilik. grooming juga memiliki segudang manfaat yang perlu anda ketahui. Artikel ini akan membahas manfaat grooming bagi kucing  satu persatu.

Jad, yuk kita pelajari bersama.

1. Mengurangi Hairballs

Hairballs atau bola rambut adalah hal biasa yang sering terjadi pada kucing. Apalagi jika kucing memiliki bulu yang panjang, hal ini akan sering terjadi.

Hairballs terjadi karena kucing menelan bulu yang rontok saat menjilati bagian tubuh menggunakan lidahnya yang kasar. Kemudian bulu-bulu tersebut terkumpul di dalam perut dan membentuk gumpalan berbentuk bola.

Hairballs ini bisa menyebabkan masalah pencernaan pada kucing. Nantinya, kucing akan merasa tidak nyaman bahkan dehidrasi. Ini dikarenakan sistem pencernaan kucing melambat.

Dengan menyisir bulu secara teratur bisa mengurangi bulu yang tertelan oleh kucing, Sehingga hairballs bisa berkurang dan mengurangi masalah pencernaan.

2. Mengurangi Kerontokan Bulu

Sebenarnya kucing melakukan grooming sendiri dengan cara menjilati tubuhnya. Tapi, hal ini bisa menyebabkan hairballs dan kerontokan pada bulu. Terutama pada kucing dengan bulu panjang akan lebih sering mengalami kerontokan. 

Dengan menyisir bulu secara teratur, bisa membantu menghilangkan bulu yang rontok dan mencegah terbentuknya bulu kusut.

Selain itu, menyisir bulu bisa membantu menyebarkan minyak alami ke seluruh bulu. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan bulunya tetap berkilau.

Grooming yang teratur bisa menghilangkan kotoran dan menjaga bulu tetap bersih dan mengurangi kerontokan.

3. Mendeteksi Masalah Kesehatan

Kucing sering kali mengalami masalah kesehatan pada kulitnya. Dengan melakukan grooming, bisa mendeteksi gejala penyakit dengan lebih cepat. Anda bisa mencari benjolan atau perubahan pada kulit dan bulu kucing, 

Selain masalah kulit, bisa juga melakukan pemeriksaan telinga, mata, dan gigi untuk mengetahui adanya masalah kesehatan seperti infeksi atau tungau. Sering kali ditemukan kutu atau parasit lain yang menghinggap di bulu mereka.

Dengan mengetahui masalah ini sejak dini, bisa lebih cepat mendapat penanganan dan perawatan yang intensif.

Grooming tidak hanya menyisir bulu saja, memandikan kucing juga termasuk perawatan penting. Saat memandikan kucing akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari bulunya. Oleh karena itu, grooming akan membantu menjaga kulit dan bulu tetap sehat dan rapi.

4. Membangun Ikatan Lebih Baik

Merawat kucing adalah cara yang baik untuk menjalin ikatan dengan mereka. Ketika grooming, Anda dan kucing akan menghabiskan waktu bersama. Sembari grooming, Anda bisa menunjukkan kasih sayang dan perhatian kepada mereka.

Banyak kucing suka untuk disisir dengan lembut. Aktivitas santai ini akan sangat menyenangkan bagi Anda dan kucing. 

Jangan lupa, ketika grooming berikan snack sebagai reward. Sehingga, aktivitas ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi kucing. Kucing akan merasa lebih nyaman setelah perawatan.

5. Menghilangkan Stress dan Kecemasan

Grooming yang dilakukan secara rutin akan membantu mengurangi stres dan kecemasan kucing. Mereka akan merasa lebih nyaman saat disentuh dan dipegang. Hal ini bisa membantu merasa lebih rileks dan tidak merasa cemas.

Dengan mengetahui manfaat grooming bagi kucing, diharapkan kedepannya pemilik bisa lebih peduli akan perawatannya. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk grooming sendiri, sekarang Pet Care menyediakan jasa Grooming Kucing dan Anjing Terdekat. Pesan sekarang melalui layanan Pet Care. 

Selain itu, Pet Care menyediakan layanan konsultasi dokter hewan terdekat. Segera hubungi call center Pet Care untuk mendapatkan konsultasi dari dokter hewan profesional.

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan