Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tips, Telinga Kucing Berair? Waspadai 5 Penyakit ini, Ampuh

pexels pixabay 208849.jpg

Telinga kucing tiba-tiba berair dan mengeluarkan cairan? Hal ini, perlu diwaspadai karena bisa jadi kucing sedang mengalami infeksi atau bahkan tumor.

Merawat kesehatan kucing secara rutin adalah kewajiban bagi para cat lovers. Selain perawatan kesehatan perlu juga grooming untuk membersihkan tubuh kucing  terutama bagian telinganya.  

Perlu diketahui bahwa telinga kucing sangat sensitif. Mereka menggunakannya untuk mengidentifikasi suara dan keseimbangan tubuhnya. Jika terdapat masalah pada telinga kucing, tentunya akan menghambat aktivitas. 

Tapi, jangan khawatir ketika telinga kucing mengeluarkan cairan. Artikel ini akan membahas 5 penyakit telinga pada kucing yang harus diwaspadai. 

Dengan mengetahui hal ini, kita bisa mencegah dan memberikan penanganan yang tepat dan cepat pada kucing kita. 

Yuk, kita pelajari bersama.

1. Telinga Kucing Berair Akibat Infeksi (Otitis)

Telinga kucing mengeluarkan cairan yang berbau, bengkak, dan memerah bisa menjadi ciri bahwa adanya infeksi otitis. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri, jamur dan parasit.

Otitis bisa menjangkit bagian luar, tengah dan dalam telinga. Hal ini, dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan pendengaran kucing.

Otitis bisa menyerang salah satu atau kedua telinga kucing. Ketika kucing mengalami otitis 

mereka akan menggelengkan kepala dan menggaruk telinga. Kemudian telinga kucing akan mengeluarkan cairan berbau tidak sedap.

2. Tungau Telinga (Otodectes Cynotis)

Kucing sering menggaruk telinga? Selain gatal, ini bisa menjadi pertanda adanya tungau pada telinga kucing.

Tungau ini adalah parasit yang bisa menginfeksi telinga kucing. Biasanya ditemukan di dalam telinga kucing, saluran pendengaran, kulit sekitar kepala dan leher.

Tungau ini disebabkan oleh parasit yang bernama otodectes cynotis. Biasanya menular karena kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi.

Kucing yang terkena tungau akan sering menggaruk kepalanya karena rasa gatal yang parah. Kemudian akan muncul cairan berwarna coklat kehitaman pada telinga.

Jika sudah parah maka telinga akan mengalami pembengkakan hingga kerusakan pada jaringan telinga. 

3. Polip Telinga

Kucing jalan sempoyongan? Nah, ini adalah salah satu gejala polip telinga. 

Baca juga: Penyebab Kucing Jalan Sempoyongan

Polip telinga adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang terjadi pada saluran telinga. Kemudian akan menjalar dari daun telinga hingga dinding saluran tengah.

Polip bisa disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus. Infeksi virus disebabkan karena kotoran yang menumpuk pada bagian telinga sampai terjadi peradangan

Gejala kucing yang terkena polip adalah telinga yang memerah, kucing sering memiringkan kepala hingga jalannya sempoyongan, tercium bau yang tidak sedap pada bagian telinga atau pendarahan pada telinga.

4. Ketombe Telinga (Seborrhea)

Kulit telinga kucing bersisik dan berminyak disertai rasa gatal adalah gejala seborrhea. Apa itu seborrhea?

Seborrhea atau ketombe adalah gangguan pada kulit telinga akibat produksi telinga yang berlebih. Ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan kulit yaitu gangguan kelenjar sebasea untuk mengatur produksi minyak atau alergi.

5. Tumor Telinga

Tumor Juga bisa menyerang telinga kucing. Jika adanya benjolan atau pembengkakan di area sekitar telinga bisa menjadi indikasi adanya tumor.

Kotoran telinga yang cenderung berair, berbau bahkan bernanah akan menimbulkan rasa sakit pada kucing. Nantinya kucing akan sering menggelengkan telinga karena perubahan kondisi pada tubuhnya. 

Tumor bisa disebabkan karena polip pada telinga yang tak kunjung sembuh. Polip akan menyumbat bagian telinga, sehingga ini memicu bakteri untuk berkembang. Autoimun juga menjadi salah satu penyebab adanya tumor.

Kucing yang mengalami gangguan pada telinganya akan mudah jatuh atau jalan sempoyongan. Hal ini dikarenakan telinga adalah titik keseimbangan kucing. Sehingga. menjaga kesehatan telinga kucing sangat penting.

Oleh karena itu, segera periksa telinga kucing yang berair ke dokter hewan terdekat melalui layanan Pet Care. Cukup hubungi  call center Pet Care, maka dokter hewan terdekat dari lokasi akan datang memeriksa kucing kesayangan.

Share:

Akbar Moch

Kepala Redaksi dari situs updatebanget.id. Berbagai keahlian berbagai macam kategori , mulai dari tulisan berita reportase, PRediksi bola, teknologi dan gaming. Semua ditulis lugas dan penuh dengan fakta yang ada di lapangan