Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Warga Gaza Merasa Miris, Mencari Keluarga yang Hilang Selama Gencatan Senjata

screenshot 3694

Updatebanget.id – Banyak warga Gaza, Palestina, yang kembali ke rumah mereka masing-masing setelah Israel dan kelompok Hamas mencapai kesepakatan gencatan senjata. Salah satu kisah menyentuh adalah keluarga Iman Abuhassira yang akhirnya bisa bersatu setelah sekitar sebulan terpisah akibat agresi Israel di Jalur Gaza.

Iman Abuhassira, yang tinggal di wilayah Al-Nasr di kota Gaza sebelum agresi, kini telah kembali ke rumah orang tuanya di lingkungan Sheikh Radwan bersama ayah, ibu, dan keempat saudaranya.

“Saya pikir saya tidak akan pernah bisa bertemu dengan mereka lagi,” ujar Iman Abuhassira kepada Middle East Eye pada Selasa (28/11).

Perempuan berusia 28 tahun ini terpisah dari anggota keluarganya karena serangan bom tanpa henti oleh Israel di Gaza. Selain itu, jalur komunikasi dan internet di Gaza beberapa kali diputus selama agresi.

Ketika Israel dan Hamas mencapai gencatan senjata, Abuhassira melihat kesempatan ini sebagai momen untuk kembali ke rumah dan berkumpul kembali dengan keluarganya.

Bagi Abuhassira, satu-satunya tempat yang diyakininya dapat menyatukan mereka kembali adalah rumah orang tuanya.

“Saya membawa anak-anak saya dan menginap di rumah keluarga saya,” ucap Abuhassira.

“Suami saya menjenguk keluarganya juga untuk pertama kalinya setelah sekitar satu bulan,” lanjutnya. “Saya tidur di rumah keluarga untuk dua hari, lalu menyusul suami saya.”

Ribuan warga sipil Gaza melarikan diri dari rumahnya setelah menjadi target serangan brutal Israel sejak agresi pecah pada 7 Oktober lalu.

Mereka mencari tempat untuk berlindung, beberapa di antaranya tempat pengungsian hingga rumah sakit.

Jalur Gaza kini memasuki hari keenam perpanjangan gencatan senjata yang disepakati oleh Israel dan kelompok Hamas. Gencatan senjata ini akan berakhir pada hari ini, Rabu (29/11).

Sebelumnya, Israel dan Hamas telah melakukan gencatan senjata tahap pertama yang sudah berlangsung pada 24-27 November lalu.

Warga sipil di Gaza memakai waktu tenang ini untuk kembali ke rumah masing-masing, entah berkumpul kembali dengan keluarga atau mencari keluarga di bawah puing-puing reruntuhan.

Share:

Arfi AS

Penulis berita bola, prediksi sepakbola paling akurat, percaya diri tulisan tentang dunia olahraganya adalah yang paling cepat dan akurat. Berita reportase juga merupakan keahlian dari Anak kelahiran KOta Soto Lamongan ini